Pembahasan Present Tense Exercise



Hai sahabat English-Sinau, apa kabarnya hari ini? Kali ini kita akan membahas soal latihan “Present Tense”. Pastikan kalian sudah mengerjakan soal latihannya ya sebelum membaca pembahasannya agar manfaatnya bisa terasa secara maksimal. Baiklah mari kita mulai pembahasannya. Selamat belajar di English-Sinau, Tempat Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dan Keterkinian!

Belajar Bahasa Inggris Materi Bahasa Inggris Soal Bahasa Inggris Belajar Grammar Bahasa Inggris Belajar Inggris Cepat Mudah Gampang Belajar TOEFL



Gunakan tenses simple present atau present continuous pada kalimat di bawah ini!!
1.      I cannot afford that right. It (costs/ is costing) too much.
Jawaban     : Cost
Pembahasan          : “Cost” adalah stative verb yang tidak bisa digunkan pada tense continuous

2.      I (don’t own/ am not owning) an umbrella. I (wear/ am wearing) a waterproof hat on rainy days.
Jawaban     : “Own” dan “wear’
Pembahasan          : “Own” adalah stative verb, sedankan “wear” dipilih karena konteks kalimat di atas adalah kebiasan atau habit sehingga tense Simple Present dipilih.

3.      As a rule, I (sleep / am sleeping) until 6 o’clock in the morning, then I (get/ am am getting) up and (study/ studying) for my classes.
Jawaban     : “Sleep”, “Get”, dan “Study”
Pembahasan          : Konteks kalimat di atas adalah membicarakan habit atau kebiasaan sehingga tense Simple Present dipilih

4.      Shhh. Grandpa (take/ is taking) a nap in the living room. We (are not wanting/ don’t want) to wake him up. He (is needing/ need) his rest.
Jawaban     : “is taking”, “want”, “need”
Pembahasan          : Kata “Shhh” mengindikasikan bahwa kalimat di atas sedang membicarakan kegiatan yang sedang berlangsung sekarang, sehingga tense Present Continuous dipilih. Sedangkan “want” dan “need” adalah stative verbs.
Gunakan Present Perfect atau Present Perfect Continuous pada kalimat di bawah ini!
1.      It (has been snowing/ has snowed) all day. I wonder when it will stop.
Jawaban     : “has been snowing”
Pembahasan          : Konteks kalimat di atas mengindikasikan jika hujan salju belum berhenti sehingga jawaban yang tepat adalah “has been snowing”. “Has snowd” mengindikasikan jika hujan salju telah berhenti turun. Selain itu adverb of time “all day” juga mengindikasikan bahwa tense yang digunakan dalam kalimat adalah Present Perfect Continuous.

2.      We (have had/ have been having) three major snowstorms so far this winter. I wonder how many more we will have.
Jawaban     : “have had”
Pembahasan          : Kata “so far” pada kalimat mengindikasan jika tense yang digunkan Present Perfect.

3.      It’s ten P.M. I (have studied/ have been studying) for two hours and probably won’t finish until midnight.
Jawaban     : “have been studying’
Pembahasan          : Kata “for two hours” dan konteks kalimat yang menunjukan bahwa “I’ belum berhenti belajar mengindikasikan bahwa tense yang digunakan adalah Present Perfect Continuous

4.      The telephone (has rung/ has been ringing) four times in the last hour, and each time it has been for my office mate.
Jawaban     : “has rung”
Pembahasan          : Kata “four times”, menunjukan frequency, mengindikasikan jika tense yang digunakan pada kalimat di atas adalah Present Perfect

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Present Tense Exercise"

Posting Komentar